<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan Path-Goal\r\nTheory kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMPN Satu Atap 1\r\nTulang Bawang Barat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif\r\ndengan jenis dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data\r\nyang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen.\r\nTeknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penarikan\r\nkesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku\r\nkepemimpinan direktif (directive) kepala sekolah pada aspek memberikan\r\ninformasi dan pengawasan telah terlaksana dengan baik, namun aspek\r\nmemberikan arahan, bimbingan, dan melakukan koordinasi masih perlu\r\nditingkatkan kembali. 2) Perilaku kemimpinan suportif (supportive) kepala\r\nsekolah pada aspek menciptakan suasana kekeluargaan telah dilaksanakan dengan\r\nbaik, namun aspek penetapan pedoman kerja, supervisi pembelajaran,\r\nmemberikan solusi, dan dukungan kepada guru perlu ditingkatkan kembali. 3)\r\nPerilaku kemimpinan partisipatif (participative) kepala sekolah pada aspek\r\nmelakukan kerja sama dan kegiatan diskusi bersama warga sekolah telah\r\nterlaksana dengan baik, namun aspek partisipasi dan komunikasi antarwarga\r\nsekolah masih perlu ditingkatkan kembali. 4) Perilaku kemimpinan orientasi pada\r\nprestasi (achievement-oriented) kepala sekolah pada aspek pengembangan karier,\r\nkompetensi kerja, penghargaan (reward), perhatian khusus, dan menjadi teladan\r\nbagi warga sekolah masih perlu ditingkatkan kembali. Temuan menunjukkan\r\nbahwa gaya kepemimpinan Path-Goal Theory kepala sekolah di SMPN Satu Atap\r\n1 Tulang Bawang Barat didominasi oleh perilaku kepemimpinan yang direktif dan\r\npartisipatif. Kepala sekolah sudah mampu dengan baik dalam memberikan\r\ninformasi terkait prosedur kinerja guru, pengawasan kinerja guru, melakukan\r\nkerja sama, dan diskusi bersama warga sekolah.\r\nKata kunci: kepemimpinan, path-goal theory, kepala sekolah, kinerja guru\r\n\r\n\r\n\r\nThis study aims to describe the principal's path-goal theory leadership style to\r\nimprove teacher performance at SMPN Satu Atap 1 Tulang Bawang Barat. The\r\nresearch method uses a qualitative approach with the type and design of case\r\nstudy research. Data collection techniques used include interviews, observations,\r\nand document studies. Data analysis techniques include data collection, data\r\nreduction, drawing conclusions, and verifying data. The results showed that: 1)\r\nThe principal's directive leadership behavior in the aspect of providing\r\ninformation and supervision has been carried out properly, but the aspects of\r\nproviding direction, guidance, and coordination still need to be improved again. 2)\r\nThe principal's supportive leadership behavior in the aspect of creating a family\r\natmosphere has been implemented well, but the aspects of setting work\r\nguidelines, supervising learning, providing solutions, and support to teachers need\r\nto be improved again. 3) The principal's participative leadership behavior in the\r\naspect of cooperating and discussion activities with school residents has been\r\ncarried out well, but the aspects of participation and communication between\r\nschool citizens still need to be improved again. 4) The principal's achievementoriented\r\nleadership behavior in the aspects of career development, work\r\ncompetence, rewards, special attention, and being an example for school residents\r\nstill need to be improved. The findings show that the principal's path-goal theory\r\nleadership style at SMPN Satu Atap 1 Tulang Bawang Barat is dominated by\r\ndirective and participative leadership behavior. The principal has been able to\r\nprovide information related to teacher performance procedures, supervision of\r\nteacher performance, cooperation, and discussion with school residents.\r\nKeywords: leadership, path-goal theory, principal, teacher performance"^^ . "2023-02-10" . . . . . " UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "2123012013"^^ . "ROHIMIN"^^ . "2123012013 ROHIMIN"^^ . . . . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (File PDF)"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . . "GAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH\r\nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU\r\n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #69472 \n\nGAYA KEPEMIMPINAN PATH-GOAL THEORY KEPALA SEKOLAH \nUNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU \n(STUDI KASUS DI SMPN SATU ATAP 1 TULANG BAWANG BARAT)\n\n" . "text/html" . . . "600 Teknologi (ilmu terapan)" . .