%0 Generic %A Sayid Cipta HW, 1653024011 %C Universitas Lampung %D 2022 %F eprints:69476 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T KAJIAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMPN 2 MERBAU MATARAM PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN %U http://digilib.unila.ac.id/69476/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa berdasarkan kerangka soal PISA,dan mengetahui kompetensi literasi sains berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains. Jenis penelitian ini yaitu studi deskriptif dengan desain deskriptif sederhana. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling dengan jumlah 224 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Merbau Mataram. Data kuantitatif berupa skor kompetensi literasi sains siswa yang diperoleh dengan soal PISA, sedangkan data kualitatif berupa data faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains siswa dikumpulkan menggunakan kuisioner siswa dan guru. Kemudian keduanya dianalisis secara deskriptif. Hasil kompetensi literasi sains siswa pada penelitian ini berada dalam kategori “sangat rendah” (30,06 ± 1,8). Berdasarkan aspek kompetensi ilmiah, mengidentifikasi permasalahan ilmiah (33,35 ± 2,58) memiliki skor paling tinggi, kemudian menggunakan bukti ilmiah (36,18 ± 3,21) dan skor paling rendah yaitu aspek menjelaskan fenomena ilmiah (20,7 ± 1,7). Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains. Faktor tersebut diantaranya latar belakang pendidikan orang tua, lama belajar sains di sekolah dan proses pembelajaran di luar sekolah meliputi lama belajar sains di sekolah, keikutsertaan dalam les dan guru yang mengajar les serta kebiasaan belajar siswa. Sedangkan faktor-faktor yang tidak berpengaruh terhadap kompetensi literasi sains yaitu bimbingan orang tua dalam belajar, proses pembelajaran sains di sekolah dan profesionalisme guru. Kata Kunci :Literasi sains, faktor kompetensi literasi sains, kompetensi literasi sains, PISA