title: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI GRADE DAN GENDER DI KABUPATEN PESAWARAN creator: WINDY , PRADANI subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi dan menguji validitas konstruk Kuesioner Motivasi Kimia-II yang dikembangkan oleh Salta & Koulougliotis (2014), mengetahui hubungan antar faktor motivasi belajar, mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik, dan mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia peserta didik. Kuesioner Motivasi Kimia-II ini terdiri dari 25 item pernyataan yang mencakup 5 faktor yaitu faktor motivasi nilai, efikasi diri, determinasi diri, motivasi karir, dan motivasi intrinsik. Kuesioner Motivasi Kimia-II yang asli diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan dibantu oleh ahli bahasa kemudian dibagikan kepada 351 peserta didik sekolah menengah atas. Berdasarkan analisis faktor konfirmatori yang mendukung model lima faktor motivasi belajar dari Kuesioner Motivasi Kimia-II didapat model fit dengan 1 korelasi antara item pernyataan nomor 23 dan 25. Adapun, uji t pada nilai rata-rata laten menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik laki-laki dan perempuan, tetapi tidak terdapat perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik kelas X dengan kelas XII dan peserta didik di sekolah negeri dengan peserta didik di sekolah swasta. Uji t-test regresi linear menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA Kabupaten Pesawaran. Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar kimia, analisis faktor konfirmatori, jenis kelamin, tingkatan kelas, jenis sekolah publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-02-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/69490/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/69490/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/69490/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: WINDY , PRADANI (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI GRADE DAN GENDER DI KABUPATEN PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/69490/