TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints6958 UR - http://digilib.unila.ac.id/6958/ A1 - Eka Afriani, 1113069011 Y1 - 2015/01/14/ N2 - ABSTRAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA AUTENTIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KUPANG RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh EKA AFRIANI Aktivitas dan hasil belajar Tematik siswa kelas V di SD Negeri 1 Kupang Raya masih rendah maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tematik terpadu siswa kelas V SD Negeri 1 Kupang Raya Bandar Lampung menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes, dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data tentang aktivitas belajar siswa dan kinerja guru diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Model pembelajaran Discovery Learning dan Media Autentik dapat bermanfaat dalam proses pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 1 Kupang Raya Bandar Lampung. Model pembelajaran Discovery Learning dan Media Autentik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kupang Raya Bandar Lampung. Model pembelajaran Discovery Learning dan Media Autentik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kupang Raya Bandar Lampung. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model Discovery Learning. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA AUTENTIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KUPANG RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -