%0 Generic %A Farinda , Sari %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:69580 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN TATAP MUKA, NONTATAP MUKA (GOOGLE CLASSROOM), DAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH %U http://digilib.unila.ac.id/69580/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran tatap muka, pembelajaran menggunakan Google Classroom, dan blended learning pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Bangunrejo, Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yaitu XI 6, XI, 7, XI 8, dan XI 9 dengan sampel kelas XI 6, XI 7, dan XI 8 yang didapat menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Uji coba instrumen dengan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis yang digunakan adalah analysis of varians (ANOVA) satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran tatap muka sebesar 82,63; (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan Google Classroom sebesar 74,84; (3) rata-rata hasil belajar siswa menggunakan blended learning sebesar 77,56; dan (4) hasil analysis varians (ANOVA) menunjukkan signifikasi sebesar 0,039. Tingkat signifikansi tersebut kurang dari 0,05. Tingkat tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan dengan pembelajaran tatap muka, Google Classroom, dan blended learning pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Bangunrejo. Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran tatap muka, google classroom, blended learning