@misc{eprints69590, month = {Nopember}, title = {STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK (Studi Kasus di UMKM KWT Kopi Tugu Liwa, Desa Padang Cahya, Lampung Barat)}, author = { Ahadiyat Luhung}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS PRTANIAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/69590/}, abstract = {Kelompok Wanita Tani (KWT) Kopi Tugu Liwa merupakan industri yang bergerak dibidang pertanian khususnya kopi. Persaingan antara UMKM sejenis yang membuat persaingan semakin ketat dalam memperebutkan pasar mengakibatkan terjadinya penurunan penjualan produk kopi milik KWT Kopi Tugu Liwa sehingga berdampak buruk terhadap perkembangan KWT Kopi Tugu Liwa. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT. Matriks SWOT memformulasikan secara jelas perpaduan antara faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman dapat dipadukan faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan sehingga dihasilkan rumusan strategi pemasaran kopi bubuk KWT Kopi Tugu Liwa. Kekuatan yang dimiliki KWT Kopi Tugu Liwa terdiri dari harga produk terjangkau dan berkualitas bagi konsumen, kapasitas produksi kopi bubuk yang konstan dan brand merek sudah dikenal. Kelemahan KWT Kopi Tugu Liwa yaitu minimnya pengembangan produk kopi yang diproduksi, kurangnya pengawasan dan evalusai secara baik. Peluang yang dimiliki KWT Kopi Tugu Liwa terdiri dari daya beli masyarakat tinggi, bertambahnya populasi penduduk, perkembangan teknologi produksi, perhatian pemerintah akan UMKM dan UKM. Ancaman KWT Kopi Tugu Liwa yaitu proses yang rumit untuk mendapatkan pinjaman modal dari lembaga keuangan, adanya fluktuasi harga bahan baku dan persaingan kualitas dan kuantitas antar usaha kopi (diluar KWT Kopi Tugu Liwa).Prioritas strategi yang dapat digunakan untuk memperluas jaringan pemasaran pada KWT Kopi Tugu Liwa, yaitu: (1) membangun sistem kemitraan dengan agen distributor dan memanfaatkan teknologi untuk memperluas pasar dan menarik pelanggan yang potensil, dan (2) mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas serta menjaga kontinuitas produk kopi untuk meningkatkan daya saing dari produsen kopi lain diluar KWT Kopi Tugu Liwa. Kata kunci: kopi bubuk, Kopi Tugu Liwa, metode SWOT, strategi pemasaran} }