%0 Generic %A Tesa, Lonika Dwi Putri %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:69606 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP LITERASI BACA DAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN MAHASISWA PPKN UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/69606/ %X Penelitian ini berfokus pada pengaruh pembelajaran daring terhadap literasi baca mahasiswa sebagai upaya pembentukan kompetensi kewarganegaraan. Literasi melibatkan lebih banyak tindakan dan terhubung dengan pembentukan sikap, nilai, hubungan, perasaan, struktur kekuasaan dan aspek kontekstual. Pengetahuan ini bertujuan untuk mengetahui interaktivitas, sikap kemandirian, kemudahan mengakses, dan pengayaan, serta adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap literasi baca sebagai upaya penguatan kompetensi kewarganegaraan mahasiswa PPKn Universitas Lampung mahasiswa PPKn Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik dasar dan pendukung dalam pengumpulan data di lapangan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil perhitungan analsisis regresi diperoleh thitung untuk variabel pembelajaran daring (X) terhadap literasi baca (Y1) sebesar 48,487 dan ttabel sebesar 1,999 yang berarti thitung > ttabel, sehingga dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima, sesuai dengan dasar pengambilan keputusan pada hipotesis yang diuji jika ha diterima, maka terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap literasi baca, kemudian untuk variabel pembelajaran daring (X) terhadap kompetensi kewarganegaraan (Y2) diperoleh nilai thitung sebesar 37,005 dan ttabel 1,999. Dengan demikian thitung>ttabel. Berdasarkan hal tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap kompetensi kewarganegaraan (Y2). Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Literasi Baca, Kompetensi Kewarganegaraan.