%0 Generic %A Salsabila , Annisa Humaira %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:69642 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM PENINGKATAN DAYA SAING JASA EKSPEDISI DI KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS PADA “KIRIMAJA” PT. AEROJASA CARGO) %U http://digilib.unila.ac.id/69642/ %X Bauran Pemasaran ialah elemen dalam organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan untuk melakukan komunikasi dengan konsumen serta digunakan untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing mix yang digunakan “KirimAja” PT. Aerojasa Cargo dalam meningkatkan daya saing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing mix (bauran pemasaran) 7P KirimAja PT. Aerojasa Cargo yaitu product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Strategi produk ditunjukkan dengan adanya produk unggulan yaitu regular service, next day service dan same day service, strategi harga berdasarkan jarak dan berat barang pengiriman, strategi tempat lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, strategi promosi dengan periklanan, media sosial dan melakukan kerjasama dengan UMKM, strategi orang (SDM) melakukan program-program pemberdayaan dan pelatihan, strategi proses menggunakan teknologi dalam aktivitas pelayanan yang cepat dan baik, strategi bukti fisik memberikan fasilitas dan kenyamanan. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran, Daya Saing.