%0 Generic %A DIA , RAHMA DEWI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:69644 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH KEGIATAN BERMAIN KARTU EMOSI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TPP CAHAYA INSAN CENDEKIA (CIC) BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/69644/ %X Masalah dalam penelitian ini antara lain kemampuan berbicara anak yang masih kurang dalam mengungkapkan pendapat, anak cenderung pasif, anak masih ragu saat berbicara dan anak belum bisa menjawab pertanyaan yang sesuai dengan tema yang dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain kartu emosi terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuanitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 50 anak yang memiliki usia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,30 yang memiliki arti bahwa pengaruh bermain kartu emosi terhadap kemampuan berbicara anak berada pada kategori sedang. Kemudian, hasil pengujian menggunakan uji independent t test mendapatkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan bermain kartu emosi berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK TPP Cahaya Insan Cendekia (CIC) Bandarlampung. Kata Kunci: anak usia dini, kemampuan berbicara, bermain kartu emosi