%0 Generic %A Arshela Putri Silmi Kavah , 1813053102 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:69666 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIKPESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN METRO TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/69666/ %X ABSTRAK HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTADIDIK KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUSR.A KARTINI KECAMATAN METRO TIMUR Oleh: ARSHELA PUTRI SILMI KAVAH Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri se-Gugus R.A Kartini Kecamatan Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional pendidik dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 177 orang peserta didik dan sampel penelitian yaitu 65 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan Studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi profesional pendidik dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0,632 berada pada taraf ―kuat‖ Kata kunci: hasil belajar, kompetensi profesional pendidik, motivasi berprestasi The problem in this research was the low learning of students of grade IV public elementary school R.A Kartini cluster district metro timur. The purpose of the research was to know positif and significant of relationship between the professional competence of educator and achievement motivation with learning outcomes students. The type of research was ex-post facto campaign. The population were recovered 177 students and the study sampel 65 students. The technique of data collection were observation, validity, and reliability. The result showed the there were significant relationship between the professional competence off educator and achievement motivation with learning outcomes students with a correlation coefficient of 0,632 according to the “strong” level. Key words: achievement motivation, learning outcomes, professional competence of educator.