%A Sofdita Husniyah %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU TANYA BIOLOGI PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA KELAS VII SMP/MTs %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Kartu Tanya Biologi pada materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya di MTs Negeri 1 Prabumulih. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Adapun tahapan dalam model 4-D ialah Tahap Pendefinisian (define); 2) Tahap Perancangan (design); 3) Tahap Pengembangan (development); 4) Tahap Penyebaran (dissaminate) namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap Pengembangan (development). Data penelitian terdiri dari data kelayakan produk pada uji coba skala kecil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Pada hasil penelitian dihasilkan media pembelajaran berupa Kartu Tanya Biologi yang sudah tervalidasi dengan melewati tahap uji validasi dan uji coba produk skala kecil sehingga diperoleh skor kelayakan ahli media 84% kategori ?sangat layak?, ahli materi sebesar 83% kategori ?sangat layak?, ahli praktisi 88% kategori ?sangat layak?, uji coba produk skala kecil 86% kategori ?sangat layak?. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kartu Tanya Biologi yang dikembangkan memenuhi kategori sangat layak sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan. %C Universitas Lampung %D 2023 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints69742