%0 Generic %9 Other %A Waridi, 1313093143 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:6978 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 RULUNG RAYA NATAR LAMPUNG SELATAN T.P. 2014/2015 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD %U http://digilib.unila.ac.id/6978/ %X ABSTRAK Hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 1 Rulung Raya Natar Lampung Selatan rendah. Rendahnya hasil belajar ini diduga akibat penggunaan model pemebelajaran yang kurang tepat, sehingga aktivitas pembelajaran lebih didominasi guru dan siswa kurang berinteraksi dengan siswa lain dalam pembelajaran matematika. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VI semester ganjil SD Negeri 1 Rulung Raya Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD”. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase siswa yang aktif pada siklus I sebesar 60% dan pada Siklus II meningkat menjadi 75%. (2) Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan siklus II meningkat menjadi 85%. (3) nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 65,35 dan pada siklus II meningkat menjadi 67,47. Berdaskan hasil tersebut, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 1 Rulung Raya Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Kooperatif, STAD, Aktivitas, Hasil Belajar.