TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints6981 UR - http://digilib.unila.ac.id/6981/ A1 - Akhmad Yugoyekti, 0743041002 Y1 - 2012/11/23/ N2 - Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah hubungan pengusaan kosakata dan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandarlampung tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dalam penelitian ini adalah menguji ada atau tidaknya hubungan yang erat penguasaan kosakata dan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandarlampung tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional, yakni memaparkan dengan jelas hal-hal yang dipermasalahan dan menghubungkan dua variabel atau lebih. Dalam penelitian ini yang menjadi pusat perhatian adalah kemampuan menulis teks pidato (variabel Y) dan penguasaan kosakata (variabel X) siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandarlampung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan erat penguasaan kosakata dan kemampuan menulis teks pidato. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandarlampung Akhmad Yugoyektii tahun pelajaran 2011/2012 berjumlah 288 siswa yang tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa, diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis teks pidato siswa (variabel Y) sebesar 70,41 dengan tingkat kemampuan cukup dan nilai rata-rata penguasaan kosakata sebesar 72,21 dengan tingkat kemampuan cukup. Selain nilai rata-rata, dalam penelitian ini peneliti menggunakan program pengujian persyaratan analisis data dengan menggunakan perangkat lunak pada program SPSS 16,0 for Windows. Hasil analisis data dalam penelitian ini diketahui bahwa sampel diambil secara acak dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis yang diajukan ?ada hubungan yang positif dan erat penguasaan kosakata dan kemampuan menulis teks pidato? teruji. Hal ini terlihat dalam tabel hasil penghitungan yang menunjukkan bahwa r hitung > r tabel atau 0,756 > 0,374 (hasil konsultasi pada tabel harga kritik dari r product moment, ? = 0,05 dan n = 28). Besarnya nilai koefesien determinasi (R Square) adalah 0,572 hal ini berarti pengusaan kosakata memiliki kontribusi 57,2% terhadap kemampuan menulis teks pidato. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -