?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813022034&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IMPLEMENTASI+INQUIRY+BASED+LEARNING+DENGAN+FLIPPED+CLASSROOM+TERINTEGRASI+STEM+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+SISTEM+SISWA+SMA+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM&rft.creator=AL%2C+KHODRI&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+pengaruh+IBL+STEM+dengan+Flipped+Classroom+pada+topik+perubahan+iklim+terhadap+peningkatan+kemampuan+berpikir+sistem+peserta+didik.+Populasi+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+%0D%0AMIPA+SMA+Negeri+1+Pagelaran+Pringsewu.+Pemilihan+sampel+menggunakan+teknik+purposive+sampling+dengan+kelas+XI+MIPA+2+yang+berjumlah+28+siswa+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+XI+MIPA+4+yang+berjumlah+28+sebagai+kelas+kontrol.+Desain+penelitian+ini+menggunakan+Non-equivalent+Control+Group+Design.+Hasil+penelitian+menunjukkan+terdapat+peningkatan+kemampuan+berpikir+sistem+dengan+rata-rata+N-Gain+sebesar+0%2C72+kategori+tinggi.+Hasil+Independent+Sample+T-test+diperoleh+bahwa+terdapat+perbedaan+nilai+rata-rata+antara+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol%2C+yang+menunjukkan+pengaruh+treatment+secara+signifikan+terhadap+kemampuan+berpikir+sistem+peserta+didik.+Besarnya+pengaruh+treatment+juga+ditunjukkan+dari+nilai+Cohen%E2%80%99s+(d)+sebesar+2%2C79+dengan+kategori+besar.+Hal+ini+menunjukan+pembelajaran+fisika+pada+materi+perubahan+iklim+menggunakan+model+Inquiry+Based+Learning+STEM+dengan+Flipped+Classroom+berpengaruh+meningkatkan+kemampuan+berpikir+sistem+peserta+didik.+&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-02-08&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F69820%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F69820%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F69820%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++AL%2C+KHODRI++(2023)+IMPLEMENTASI+INQUIRY+BASED+LEARNING+DENGAN+FLIPPED+CLASSROOM+TERINTEGRASI+STEM+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+SISTEM+SISWA+SMA+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F69820%2F