%0 Generic %A SEPTA, ALISIA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:69831 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU KOMIK DIGITAL TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/69831/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantu komik digital terhadap literasi sains peserta didik kelas X materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Desain dalam penelitian ini menggunakan quasi-experiment dengan rancangan penelitiannya yaitu pretest-posttest control group design. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket tanggapan peserta didik. Sampel penelitian adalah peserta didik sebanyak 33 peserta didik dari kelas X IPA 2 dan 33 peserta didik dari kelas X IPA 3 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai preetest, posttest, dan N-Gain sebagai hasil literasi sains dianalisis dengan uji independent sampel ttes dengan taraf signifikan α=0,05 dan dianalisis dengan menggunakan hasil uji ttest. Didapatkan hasil penelitian nilai rata-rata N-Gain peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0,58 (sedang) ± 0,145 dan kelas kontrol sebesar 0,23 (rendah) ± 0,146. Angket tanggapan yang diberikan peserta didik menghasilkan rata-rata persentase 85,22% dengan kategori sangat baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. (2) Tanggapan peserta didik sangat baik mengenai pembelajaran yang menggunakan komik digital terhadap kemampuan literasi sains pada materi pokok perubahan lingkungan. Kata Kunci: PBL, literasi sains, komik digital, perubahan lingkungan