%A 1113066007 RATNA DEWI %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MERINGKAS CERITA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V-A SD NEGERI 2 KEDAMAIAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Rendahnya kemampuan meringkas cerita siswa SD Negeri 2 Kedamaian merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara memanfaatkan media gambar guna meningkatkan kemampuan meringkas cerita. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan meringkas cerita melalui metode inkuiri, khususnya siswa kelas V-A SD Negeri 2 Kedamaian, Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V-A SD Negeri 2 Kedamaian tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 14 laki-laki dan 18 pe- rempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam meringkas cerita di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 51,62 dari 32 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 30 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan metode inkuiri, kemampuan meringkas cerita pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 61,40 atau meningkat sebesar 9,78 atau 11,83% sedangkan siswa yang tuntas 17 dari 32 siswa atau 60%. Selanjutnya, kemampuan meringkas cerita pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,00 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 9,72 atau 11,53% dengan ketuntasan klasikal 29 siswa atau sebesar 85%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam meringkas cerita pada siswa kelas V-A SDN 2 Kedamaian sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00. %C Universitas Lampung %D 2011 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints6989