TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints6990 UR - http://digilib.unila.ac.id/6990/ A1 - Nurhasanudin, 0913066011 Y1 - 2013/01/06/ N2 - Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis puisi melalui teknik pemanfaatan lingkungan sekolah pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan teknik pemanfaatan lingkungan sekolah pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII, berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi, sedangkan non tes dipergunakan untuk hasil pembelajaran yang terjadi, dalam proses pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik pemanfaatan lingkungan sekolah. Hal-hal yang dinilai dalam penelitian ini adalah diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif, dan versifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan. Pembelajaran menulis puisi ini menggunakan teknik pemanfaatan lingkungan sekolah. Pada prasiklus kemampuan menulis puisi diperoleh nilai rata-rata 62,62. Sedangkan sekolah menetapkan KKM adalah 67,00. Siklus I diperoleh nilai rata-rata 65,18 tergolong kategori cukup atau mengalami peningkatan sebesar 4,69%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75,00 tergolong kategori baik, mengalami peningkatan 10,25%. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADASISWA SMP NEGERI 11 BANDARLAMPUNG KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN 2010/2011 AV - public ER -