%0 Generic %A Andri , Nugroho %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:69921 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS R.A KARTINI METRO TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/69921/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri se-Gugus R.A Kartini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan yang signifikan antara Pola asuh Orang tua atas kecerdasan emosional peserta didik dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 203 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 102 peserta didik. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosial dengan hasil belajar yaitu berada pada taraf “Sedang”.Kata kunci: hasil belajar tematik, kecerdasan emosional, pola asuh orang tua The problem of this study was the low yield of thematic learning outcomes of grade IV students of SD Negeri in the R.A Kartini cluster. The purpose of the research was to analyze and describr the significant relationship between parenting style and emotional intilligence with learning outcomes. This type of research is ex-post facto campaign. The population were recovered 203 students and the study sample were 102 students. The data collection instruments in the form of a questionnaire with a Likert scale, which was previously sent validity and reliability. The results showeda positive and significant relationship between ' parenting pattern and emotional intelligence with learning outcomes that were at the level of "Medium". Keywords : emotional intilligence, parenting style, thematic learningoutcomes