@misc{eprints69951, month = {Januari}, title = {PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 KOTA AGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022}, author = {1813052035 CAHAYA ANGRAINI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/69951/}, abstract = {ABSTRAK PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 KOTA AGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Oleh CAHAYA ANGRAINI Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya perilaku prokrastinasi akademik siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Kota Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh solution focused brief counseling untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan Sampel yang berjumlah 8 orang ialah siswa yang teridentifikasi perilaku prokrastinasi akademik tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat penurunan perilaku prokrastinasi akademik siswa setelah diberikan treatment dengan konseling kelompok pendekatan solution focused brief counseling dengan hasil signifikansi p = 0,012 , (p {\ensuremath{<}} 0,05). artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara solution focused brief counseling terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Kota Agung. Kata kunci: perilaku prokrastinasi akademik. konseling kelompok SFBC The problem in this study is about the high academic procrastination behavior of Class XI Social Studies students at SMA Negeri 2 Kota Agung. The purpose of this study was to determine how much influence solution focused brief counseling had to reduce students' academic procrastination behavior. the researcher's consideration was students who identified high academic procrastination behavior with a sample of 8 people. The results of the study obtained that there was a decrease in students' academic procrastination behavior after being given treatment with group counseling with a solution focused brief counseling approach with p = 0,012 , (p {\ensuremath{<}} 0,05). it means that there is a significant influence between solution focused brief counseling on the academic procrastination behavior of class XI IPS students at SMA Negeri 2 Kota Agung. Keywords: academic procrastination behavior. SFBC group counseling} }