%A 0813041001 Adi Rahman %T KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KRUI LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Masalah yang penulis bahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Krui, Lampung Barat, tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis surat pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Krui, Lampung Barat, tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 69 siswa dan tersebar di dalam dua kelas. Sampel diambil 50% dari populasi sehingga sampel berjumlah 35 siswa yang diambil secara acak. Data kemampuan diambil melalui tes tertulis berupa tugas menulis surat pribadi. Siswa ditugaskan menulis surat pribadi dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh penulis dalam waktu 60 menit. Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata skor kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Krui, Lampung Barat, tahun Adi Rahman pelajaran 2011/2012 secara total termasuk dalam kategori baik dengan skor 76. Jika ditinjau dari aspeknya, rerata skor kemampuan siswa sebagai berikut. Pertama, rerata skor untuk aspek penulisan tempat, tanggal, dan tahun pembuatan surat sebesar 83 tergolong baik. Kedua, rerata skor untuk aspek penulisan alamat yang dituju sebesar 76 tergolong baik. Ketiga, rerata skor untuk aspek penulisan salam penutup sebesar 73 tergolong cukup. Keempat, rerata skor untuk aspek penulisan isi surat sebesar 71 tergolong cukup. Kelima, rerata skor untuk aspek penulisan salam penutup sebesar 52 tergolong kurang. Dan terakhir, rerata skor untuk aspek penulisan tanda tangan dan nama terang sebesar 100 tergolong baik sekali. %C Universitas Lampung %D 2012 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints6997