title: PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) creator: CINDI , ANGRAINI subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi metakognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian the pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U Test dengan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, strategi metakognitif, pemahaman konsep matematis. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-02-07 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/70005/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/70005/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/70005/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: CINDI , ANGRAINI (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/70005/