%0 Generic %A CINDI , ANGRAINI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:70005 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) %U http://digilib.unila.ac.id/70005/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi metakognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian the pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U Test dengan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, strategi metakognitif, pemahaman konsep matematis.