creators_name: CINDI , ANGRAINI creators_id: 1813021010 type: other datestamp: 2023-03-01 07:10:55 lastmod: 2023-03-01 07:10:55 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) ispublished: pub subjects: 607 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi metakognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian the pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U Test dengan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, strategi metakognitif, pemahaman konsep matematis. date: 2023-02-07 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: CINDI , ANGRAINI (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/70005/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/70005/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/70005/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf