%0 Generic %A CITRA , VERAMA PUTRI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:70017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN (Studi pada Siswa Kelas VIIB Semester Genap MTs Al-Furqon Rawi Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2021/2022) %U http://digilib.unila.ac.id/70017/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa MTs Al-Furqon Rawi kelas VIIB semester genap yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi metode yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi : 1) mengoreksi hasil jawaban siswa; 2) mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menganalisis jenis-jenis kesalahan berdasarkan prosedur Newman yang dilakukan siswa dalam menjawab dan menyelesaikan soal; 3) menghitung jumlah persentase kesalahan; 4) menganalisis secara deskriptif data hasil perhitungan; dan 5) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data mengenai kesalahan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan prosedur Newman yaitu kesalahan membaca soal (reading error) sebesar 9,78%, kesalahan memahami soal (reading comprehension) sebesar 42,39%, kesalahan transformasi masalah (transform error) sebesar 46,74%, kesalahan keterampilan proses (process skill error) sebesar 63,04%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) sebesar 69,67%. Faktor penyebab kesalahan yang paling banyak terjadi dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial adalah siswa tidak teliti dalam melakukan perhitungan dan rendahnya kemampuan siswa dalam menghitung bentuk pecahan. Kata kunci : Analisis kesalahan, soal cerita, aritmetika sosial, prosedur Newman