@mastersthesis{eprints70034, month = {Februari}, title = {PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {LESTARI SITI}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/70034/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis model AL-MASTER untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kriteria valid dan praktis serta menguji efektivitas produk pengembangan LKPD. Penelitian dan pengembangan mengacu kepada langkah-langkah model pengembangan 4D. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Purbolinggo kelas VIII Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi lembar angket validasi ahli, lembar angket respon guru dan peserta didik serta tes kemampuan berpikir kritis. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap tanggapan ahli berdasarkan produk yang dikembangkan, analisis deskriptif tanggapan guru dan peserta didik terhadap produk pengembangan dan pembelajaran serta analisis tes kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil pengembangan LKPD berbasis model AL-MASTER berdasarkan hasil validasi materi, media dan bahasa dalam kategori ?sangat valid?. Hasil analisis respon guru dan peserta didik dalam kategori ?sangat praktis?. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model AL-MASTER valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Purbolinggo. Kata Kunci: LKPD, Model AL-MASTER, Kemampuan Berpikir Kritis. } }