TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints7004 UR - http://digilib.unila.ac.id/7004/ A1 - PONIRIN, 1113119023 Y1 - 2015/01/06/ N2 - ABSTRAK Penelitian dilakukan pada kelas III SD Negeri 2 Sumber Bandung Kec. Pagelaran Kab. Pringsewu. Nilai harian kelas III SD Negeri 2 Sumber Bandung tahun ajaran 2014/2015 sebagian besar siswa tidak tuntas, karena dari 20 siswa yang termasuk nilai kategori tuntas adalah 5 siswa (24,8 %) dan yang termasuk nilai kategori tidak tuntas adalah 15 siswa (75,2 %) dengan KKM= 66. Hasil belajar rendah dikarenakan pembelajaran masih monoton, dalam proses pembelajaran tidak melibatkan siswa dan guru dalam menyampaikan materi kurang menguasai. Maka perlu dilakukan penelitian tentang peningkatan keterampilan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar. Hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terus mengalami peningkatan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I dengan tema ?Lingkungan? untuk pertemuan ke-1 mencapai rata-rata 53, siklus I pertemuan ke-2 mencapai rata-rata sebesar 60, dan siklus I pertemuan ke-3 mencapai rata-rata sebesar 66. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 dengan tema ?Kegemaran? mencapai rata-rata 69, siklus II pertemuan ke-2 mencapai rata-rata sebesar 80,5 dan siklus II pertemuan ke-3 mencapai rata-rata sebesar 85. Dengan demikian pembelajaran pada kelas III SD Negeri 2 Sumber Bandung Kecamatan Pagelaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Keyword: hasil belajar, contextual teaching and learning, pendekatan tematik PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENDEKATAN TEMATIK TEMA LINGKUNGAN PADA KELAS III SD NEGERI 2 SUMBER BANDUNG KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -