%0 Generic %A Nayunda, Putri Astin %C Universitas Lampung %D 2023 %F eprints:70064 %I Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 PRINGSEWU TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/70064/ %X ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 2 Pringsewu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan media visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Pringsewu Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana yang menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel atau 8,33> 4,38 maka tolak Ho. Selain itu analisis data menggunakan N-Gain yang menunjukkan nilai rata-rata N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 0.58 berada pada kategori “Sedang”, sedangkan kelompok kontrol sebesar 0.27 berada pada kategori “Rendah”. Hasil penelitian dapat disimpulankan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan media visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Pringsewu Timur. Kata kunci: bamboo dancing, hasil belajar, tematik. ABSTRACT THE INFLUENCE OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE BAMBOO DANCING WITH VISUAL MEDIA AGAINST STUDENTS' THEMATIC LEARNING RESULTS CLASS IV SDN 2 PRINGSEWU TIMUR By NAYUNDA PUTRI ASTIN The problem of this research is the low thematic learning outcomes of fourth grade students at SDN 2 Pringsewu Timur. This study aims to determine the effect of the application of the bamboo dancing cooperative learning model with visual media on the learning outcomes of fourth grade students at SDN 2 Pringsewu Timur. The method used in this study is a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. This study uses a saturated sample technique. The instruments used in this study were tests and non-tests. The data were analyzed using a simple linear regression test which shows that Fcount > Ftable or 8.33 > 4.38 then reject Ho. In addition, data analysis uses N-Gain which shows the average N-Gain value in the experimental group of 0.58 is in the "Medium" category, while the control group is 0.27 in the "Low" category. The results of the study can be concluded that there is a significant effect on the application of the bamboo dancing cooperative learning model with visual media on the learning outcomes of fourth grade students at SDN 2 Pringsewu Timur. Keywords: bamboo dancing, learning outcomes, thematic.