%0 Generic %A DEWI, FORTUNA EDIRA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:70096 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 10 METRO TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/70096/ %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN 10 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan pendekatan Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN 10 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penilaian tes kognitif ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 71,96 dengan tingkat efektivitas sebesar 54,42 yang berarti tidak efektif. Berikutnya pada siklus II diperoleh data ketuntasan sebesar 85,89 dengan tingkat efektivitas sebsar 84,31 yang berarti cukup efektif. Hasil penilaian aktivitas pada siklus 1 sebesar 21,10 dengan peningkatan skor sebesar 3,07. Berikutnya pada siklus II diperoleh data rata-rata skor sebesar 29,42. dengan peningkatan skor sebesar 8,32.