@misc{eprints70147, month = {Februari}, title = {PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID OPEN ACCESS LEARNING SYSTEM (OALS) PADA UPT BAHASA UNIVERSITAS LAMPUNG UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA}, author = {1917051026 Christofora Diana Yuliawati}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/70147/}, abstract = {ABSTRAK UPT Bahasa Universitas Lampung merupakan salah satu unit pelaksana di Universitas Lampung yang membantu universitas dalam melaksanakan program dan kegiatan yang mendukung pembelajaran dan layanan bahasa, salah satunya yaitu Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan akses pembelajaran terbuka dalam membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa dengan mengembangkan aplikasi Android Open Acces Learning System (OALS) pada Language Center Unila dengan menggunakan framework Flutter. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode agile dengan kerangka kerja scrum. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan aplikasi Android OALS LC Unila yang dikembangkan dalam aplikasi LC Unila. Sistem ditujukan untuk mahasiswa aktif Universitas Lampung yang sudah memiliki akun LC Unila dan menggunakan Android versi 7.0 ke atas. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Alpha Test, Beta Test, dan Functional Test. Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, telah dikembangkan Open Access Learning System berbasis Android dengan menggunakan framework Flutter selama enam sprint dengan total durasi dua puluh minggu pengerjaan. Mahasiswa dapat mengikuti kursus, mengakses materi secara bebas, mengerjakan kuis, dan melihat progress pembelajaran. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Android OALS LC Unila dapat membantu meningkatkan kualitas kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa Universitas Lampung. Kata kunci: Bahasa Inggris, Open Access Learning System, Android, Scrum. Language Center of Lampung University is one of the implementing units at Lampung University which assists the university in implementing programs and activities that support language learning and services, including English. This research aims to provide open access learning to help improve students' English skills by developing the Open Access Learning System (OALS) Android application at the Language Center of Lampung University using the Flutter framework. The method used in this research is an agile method with a scrum framework. Based on the research conducted, the OALS LC Unila Android application was produced which was developed in the LC Unila application. The system is intended for active students at Lampung University who already have LC Unila account and use Android version 7.0 or above. The tests that be done in this research were Alpha Test, Beta Test, and Functional Test. Based on the research and development that has been carried out, an Android-based Open Access Learning System has been developed using the Flutter framework for six sprints with a total duration of twenty weeks of work. Students can take courses, access material freely, take quizzes, and see learning progress. Based on the test results, it can be concluded that the OALS LC Unila Android application can help improve the quality of English skills of Lampung University students. Keyword: English, Open Access Learning System, Android, Scrum.} }