TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints70170 UR - http://digilib.unila.ac.id/70170/ A1 - JUNAIRIAH RAHAYU, 1913021038 Y1 - 2023/02/27/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII. 5 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian posttestonly control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dengan tes uraian kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih tinggi daripada rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata kunci : pengaruh, kemampuan komunikasi matematis, think pair share. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023) AV - restricted ER -