%0 Thesis %9 Masters %A LILIS PEBEYANTI, SIMBOLON %B FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:70187 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 2123021018 %T PENGEMBANGAN LKPD DALAM MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF (PISK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/70187/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan LKPD dalam model pembelajaran interaktif setting kooperatif (PISK) serta menganalisi efektifitas produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan mengacu kepada langkah-langkah model pengembangan Borg and Gall. Penelitian dilakukan di SMPN 7 Krui kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi lembar observasi, lembar angket, dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis, analisis perbedaan kemampuan kemampuan berpikir kritis (Uji normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji-t), dan analisis kemampuan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan LKPD dalam model pembelajaran interaktif setting kooperatif (PISK) memenuhi kriteria valid dan praktis. Pembelajaran menggunakan produk hasil pengembangan LKPD efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.