@misc{eprints70251, month = {Februari}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sukadana Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)}, author = {MARETHA SELLY }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/70251/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan video pembelajaran ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sukadana, Kabupaten Lampung Timur semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang menggunakan model MMP berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajaran MMP berbantuan video pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: pengaruh, missouri mathematics project, video pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.} }