@misc{eprints70363, month = {Maret}, title = {KUALITAS PELAYANAN TAHAPAN PEMUNGUTAN, PENGHITUNGAN DAN REKAPITULASI HASIL PENGHITUNGAN PEROLEHAN SUARA (Studi Pemilihan Walikota Tahun 2020 di Kota Bandar Lampung) }, author = {ALOX VAGANZA SALSA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/70363/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada pemilihan walikota di Kota Bandar Lampung Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan yang dikemukakan Zeithaml, Berry dan Parasuraman (1990) dalam Hardiyansyah (2011) sebagai pisau analisis dalam pemecahan masalah, indikator nya yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Hasil penelitian yang ditemukan adalah indikator tangibles sudah baik karena segala kebutuhan wujud fisiknya tersedia, indikator reliability terkait kecermatan cukup baik namun terkait kehandalan aplikasi masih kurang baik karena penggunaan aplikasi tidak sesuai harapan, indikator responsiveness sudah baik karena Badan Ad Hoc sudah memahami tugas pokok dan fungsi yang diperjelas juga dengan bimbingan teknis dan sosialisasi, indikator assurance sudah baik karena pemberian rasa aman dari intimidasi dan ancaman, kompetensi pengetahuan dan kemampuan serta jaminan keselamatan kerja telah terpenuhi, dan indikator empathy yang sudah cukup baik karena komunikasi terjalin namun belum maksimal. Kata Kunci: Pemilihan Walikota, Kualitas Pelayanan, Tahapan Pilkada ABSTRACT This study aims to determine the quality of service for the stages of voting, counting and recapitulating the results of counting the votes acquired in the mayoral election in Bandar Lampung City in 2020. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques used in this study were interviews and documentation. This study uses the theory of service quality put forward by Zeithaml, Berry and Parasuraman (1990) in Hardiyansyah (2011) as an analytical knife in problem solving, the indicators are tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The results of the study found that the tangibles indicator is good because all the physical requirements are available, the reliability indicator related to accuracy is quite good but the application reliability is still not good because the use of the application is not as expected, the responsiveness indicator is good because the Ad Hoc agency already understands the duties and functions that have been clarified also with technical guidance and socialization, assurance indicators are good because they provide a sense of security from intimidation and threats, knowledge competence and capabilities and work safety guarantees have been fulfilled, and empathy indicators are already good enough because communication is established but not optimal Keywords: Mayor Election, Service Quality, Pilkada Stages } }