@misc{eprints70364, month = {Maret}, title = {Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar }, author = {Wulandari Ayu Indah}, address = {Universitas Lampung }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/70364/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penggunaan model pembelajaran tipe think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat dengan jumlah 38 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang peserta didik. Data diperoleh melalui tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis IPA antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tipe think talk write memiliki kemampuan berpikir kritis lebih tinggi dibanding kelas kontrol sehingga model pembelajaran tipe think talk write dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, IPA, think talk write} }