@misc{eprints70379, month = {Maret}, title = {KAJIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN AKADEMIK YANG BERBEDA DI SMAN 16 BANDAR LAMPUNG KELAS X PADA MATERI VIRUS}, author = {Rohali Auliya}, address = {Universitas Lampung }, publisher = {Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP)}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/70379/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan tingkat kemampuan akademik berbeda peserta didik kelas X pada materi virus di SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Desain yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X.6, X.7 dan X.8 berjumlah 103 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu data HOTS yang dikumpulkan melalui tes kognitif pada materi virus berbasis HOTS dan data tingkat kemampuan akademik dikumpulkan melalui Tes Potensi Akademik (TPA). Data tersebut dianalisis dengan uji Anova satu jalur untuk mengetahui perbedaan HOTS berdasarkan tingkat kemampuan akademik berbeda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa HOTS perserta didik berkategori rendah memiliki persentase 82,5\% dan rata-rata nilai tes 59. Data hasil TPA terbagi menjadi tiga kategori dengan kemampuan tinggi sebesar 26\%, kemampuan sedang sebesar 47\%, dan kemampuan rendah sebesar 27\% dengan rata-rata nilai TPA 50. Data HOTS dan Kemampuan Akademik diuji mengunakan One-Way Anova dengan perolehan sig. 0,005 {\ensuremath{<}} 0,05, dengan rata-rata HOTS pada kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah berturut-turut adalah 56,87; 59,83; dan 50,44. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan HOTS berdasarkan tingkat kemampuan akademik yang berbeda} }