?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENDEKATAN+OPEN-ENDED%0D%0ATERHADAP+KEMAMPUAN+PEMECAHAN%0D%0AMASALAH+MATEMATIS%0D%0A(Studi+Pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+3+Bandar+Lampung%0D%0ASemester+Genap+Tahun+Pelajaran+2010%2F2011)&rft.creator=Risman%2C+Muhammad+Sulaiman&rft.subject=BF+Psychology&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Kemampuan+pemecahan+masalah+matematis+merupakan+salah+satu+kemampuan+berpikir+matematis+yang+harus+dikuasai+siswa.+Untuk+meningkatkan+kemampuan+pemecahan+masalah+siswa%2C+diperlukan+suatu+model+pembelajaran+yang+tepat+dan+menarik%2C+dimana+siswa+dapat+belajar+secara+aktif+untuk+dapat+menyelesaikan+masalah+dengan+berbagai+cara%2C+salah+satunya+dengan+pembelajaran+matematika+pendekatan+dengan+open+ended.+Pendekatan+open-ended+adalah+salah+satu+pendekatan+pembelajaran+yang+memberi+keleluasaan+berpikir+peserta+didik+secara+aktif+dan+kreatif+dalam+menyelesaikan+suatu+permasalahan.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+pengaruh+pendekatan+open-ended+kemampuan+pemecahan+masalah+mate-matis+siswa.+Pendekatan+ini+dikatakan+berpengaruh+terhadap+kemampuan+pemecahan+masalah+matematis+siswa+apabila+nilai+rata-rata+kemampuan+pemecahan+masalah+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran+dengan+pendekatan+open-ended+lebih+baik+diban-dingkan+dengan+kemampuan+pemecahan+masalah+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran+konvensional.%0D%0ADesain+penelitian+yang+digunakan+adalah+desain+eksperimen+semu%2C+yaitu+post-test+only+dengan+populasi+seluruh+siswa+kelas+VII+SMP+Negeri+3+Bandar+Lampung+tahun+pelajaran+2010%2F2011.+Melalui+teknik+Cluster+Random+Sampling+diperoleh+kelas+VII.D+dan+VII.E+sebagai+sampel+penelitian.+Berdasarkan+analisis+data%2C+diperoleh+bahwa+rata-rata+kemampuan+pemecahan+masalah+matematis+pada+pembelajaran+dengan+pendekatan+open-ended+lebih+tinggi+dari+pada+pembelajaran+konvensional.+Sehingga+disimpulkan+bahwa+penerapan+pendekatan+open-ended+berpengaruh+terhadap+kemampuan+pemecahan+masalah+matematis+siswa.%0D%0AKata+Kunci+%3A+Pengaruh%2C+Pendekatan+Open-Ended%2C+dan+Pemecahan+Masalah&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2011-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F1%2FCover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F2%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F3%2FMenyetujui.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F4%2FMengesahkan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F5%2FDaftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F6%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F7%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F8%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F9%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F10%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F11%2FDaftar%2520Pustaka.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F12%2FPDF.zip&rft.identifier=++Risman%2C+Muhammad+Sulaiman++(2011)+PENGARUH+PENDEKATAN+OPEN-ENDED+TERHADAP+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+MATEMATIS+(Studi+Pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+3+Bandar+Lampung+Semester+Genap+Tahun+Pelajaran+2010%2F2011).++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F704%2F