TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints70419 UR - http://digilib.unila.ac.id/70419/ A1 - Egi Dia, Ekayani Y1 - 2023/03/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Worksheet berbasis inquiry based learning materi gerak lurus berubah beraturan terhadap keterampilan komunikasi ilmiah siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu, siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 1 Semaka tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu Non-Equivalent pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, lembar tes soal essay. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample T-test, uji effect size. Nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 65,8 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 56,4 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi ilmiah kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Didukung dari data hasil uji hipotesis Independent simple T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 artinya bahwa E-Worksheet berbasis IBL dapat meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa pada materi gerak lurus berubah beraturan. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - Pengaruh E-Worksheet Berbasis Inquiry Based Learning Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan terhadap Keterampulan Komunikasi Ilmiah Siswa AV - restricted ER -