%0 Thesis %9 Masters %A NABILAH, ROHMA BALQIS %B FAKULTAS PERTANIAN %D 2023 %F eprints:70437 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI, HARGA POKOK PENJUALAN, DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR AGROINDUSTRI KERIPIK PISANG DI KABUPATEN PESAWARAN %U http://digilib.unila.ac.id/70437/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya harga pokok produksi, harga pokok penjualan, faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal, serta menyusun strategi pengembangan pasar agroindustri keripik pisang di Kabupaten Pesawaran. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif (harga pokok produksi dan harga pokok penjualan), serta analisis deskriptif kualitatif (SWOT dan QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata harga pokok produksi dengan kapasitas bahan baku 100 Kg sebesar Rp33.838,88/Kg, dan kapasitas bahan baku >100 Kg sebesar Rp22.064,52/Kg. Rata-rata harga pokok penjualan dengan kapasitas bahan baku 100 Kg sebesar Rp35.607,11/Kg, dan kapasitas bahan baku >100 Kg sebesar Rp22.582,45/Kg. Kekuatan utama agroindustri keripik pisang adalah produk berkualitas, sedangkan kelemahan utama agroindustri keripik pisang adalah promosi belum dilakukan secara efektif di luar Kabupaten Pesawaran. Peluang utama adalah kebutuhan dan minat konsumen terhadap produk tinggi, sedangkan ancaman utama adalah permintaan yang tidak pasti. Strategi pengembangan pasar yang menjadi prioritas yaitu (1) pemanfaatan teknologi seperti e-commerce dan sosial media sebagai alat promosi untuk memperluas pasar, (2) peningkatan kualitas produk dengan cara meningkatkan kerjasama dengan pemasok agar unggul dalam persaingan antara produk sejenis, (3) optimalisasi pemanfaatan lokasi usaha untuk meningkatkan volume produksi dengan cara meningkatkan kerjasama dengan pemasok, (4) menetapkan harga jual berdasarkan harga pokok penjualan untuk memperoleh keuntungan maksimal dan dapat bersaing dengan agroindustri sejenis. Kata kunci: harga pokok penjualan, harga pokok produksi, strategi pengembangan pasar.