TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints70438 UR - http://digilib.unila.ac.id/70438/ A1 - Agung , Putra Herlambang Y1 - 2023/03/08/ N2 - Keefektivan suatu model pembelajaran dapat ditandai dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran assure adalah dengan melakukan uji coba dan menerapkannya dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model assure dalam pembelajaran teks biografi di kelas X IPS 3 SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa konteks kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia di kelas X IPS 3 dengan materi teks biografi. Adapun data dalam penelitian ini berupa penerapan model pembelajaran Assure pada materi teks biografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa penerapan model assure efektif diterapkan dalam pembelajaran teks biografi di kelas X IPS 3 SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Keefektifan ditandai oleh hasil penghitungan sesuai dengan pedoman penilaian yakni diperoleh nilai 72 dengan kriteria efektif dan APKG I untuk menillai RPP yakni diperoleh nilai 3,61 dengan kriteria efektif serta APKG II untuk melihat praktik pembelajaran yakni diperoleh nilai 3,10 dengan kriteria efektif. Kata Kunci : Pembelajaran, Model Assure, Teks Biografi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI DI SMA AV - restricted ER -