%0 Generic %A Erlida Amnie, 0713022026 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:7046 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP GERAK SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA Semester Ganjil SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/7046/ %X Abstrak: Penguasaan konsep fisika siswa masih sulit untuk dicapai. Sebagian siswa bahkan tidak me¬nyukai fisika karena sulit memahami konsep fisika kalau tidak mem¬perhatikan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep siswa dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan penguasaan konsep pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Data diperoleh dari hasil penelitian pada kelas sampel yang diberikan perlakuan pada proses pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep siswa pada ranah kognitif dan terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar sains ranah kognitif setelah mengalami pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains. The students conceptual understanding of physic still difficult to reach. Most of the students didn’t like physic because too difficult to understand physic concept if the student didn’t pay their attention in science learning very good. This research aims to determine whether there was any effect of the application of science process skills to students conceptual understanding and improve of student conceptual understanding ini SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Data from the research is gotten by sample class that is given some actions in the learning process with science process skills method. Based on analysis of the data, there was a positive and significant effect between science process skills on students conceptual understanding in cognitive domain and there was a significant increase in the science learning outcome after experiencing cognitive approach to learning science process skills method .