<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG "^^ . "Kemampuan kognitif adalah suatu kemampuan yang dimiliki individu dimana\r\nkemampuan ini berkaitan dengan segala bentuk kegiatan mental (otak). Dalam hal\r\nbelajar, tidak dapat disangkal lagi bahwa semua orang di dunia ini memiliki\r\nteknik belajar yang berbeda-beda. Dalam proses belajar akan melewati tahapan\r\ndari semula yang tidak tahu menjadi tahu / mengerti, kemudian berilmu hingga\r\nahli dalam bidang yang dipelajari. Pemanfaatan media sangat penting bagi guru\r\nuntuk menunjang proses pembelajaran karena dapat meningkatkan daya tarik\r\npeserta didik dalam belajar sehingga tingkat pemahaman dapat meningkat.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik\r\ndengan cara mengembangkan media pembelajaran berbasis video powtoon pada\r\nmateri persebaran flora dan fauna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini\r\nmenggunakan metode Borg and Gall dengan pendekatan ADDIE, dengan jumlah\r\npopulasi 30 orang peserta didik SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Berdasarkan\r\nhasil pengembangan media pembelajaran berbasis video powtoon untuk\r\nmeningkatkan kemampuan kognitif peserta pada materi flora dan fauna diketahui\r\nefisiensi dari pelaksanaan waktu dalam 4 kali pertemuan dengan waktu 2 x 45\r\nmenit = 90 menit x 4 pertemuan diperoleh dengan tingkat klasifikasi = 1 sedang\r\ndan terbukti cukup efektif untuk digunakan pada pembelajaran geografi di SMA\r\nNegeri 5 Bandar Lampung. Selanjutnya efektivitas dari penggunaan modul\r\ndikategorikan berdasarkan perhitungan nilai rata-rata N-Gain pretest dan posttest\r\npada media video powtoon mendapat hasil 0,63 dengan klasifikasi cukup efektif\r\nyang artinya media pembelajaran berbasis video powtoon cukup efektif untuk\r\ndiimplementasikan pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 5 Bandar\r\nLampung. Selanjutnya kemenarikan dari pengembangan media pembelajaran\r\nberbasis video powtoon untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik\r\nSMA Negeri 5 Bandar Lampung dengan persentase 90% yang menyatakan tingkat\r\nkemenarikan sangat menarik, terdapat pengaruh yang signifikan dari\r\npengembangan media pembelajaran berbasis video powtoon pada sebelum dan\r\nsesudah menggunakan media dengan nilai t hitung 13,515 > t tabel 2,045, maka\r\nsebagaimana dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak\r\ndan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan\r\nkognitif geografi materi flora dan fauna saat sebelum dan sesudah menggunakan\r\nmedia pembelajaran berbasis video powtoon peserta didik SMA Negeri 5 Bandar\r\nLampung.\r\n \r\nKata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Video Powtoon, \r\n Kemampuan Kognitif, flora dan fauna, Geografi \r\n \r\n\r\n \r\nCognitive ability is an ability possessed by individuals where this ability is related\r\nto all forms of mental (brain) activity. In terms of learning, it is undeniable that\r\nall people in this world have different learning techniques. In the learning\r\nprocess, there will be stages from not knowing to knowing/understanding, then\r\nbeing knowledgeable to being an expert in the field being studied. The use of\r\nmedia is very important for teachers to support the learning process because it\r\ncan increase the attractiveness of students in learning so that the level of\r\nunderstanding can increase. This study aims to improve students' cognitive\r\nabilities by developing learning media based on powtoon videos on the\r\ndistribution of flora and fauna. The method used in this study used the Borg and\r\nGall method with the ADDIE approach, with a population of 30 students at SMA\r\nNegeri 5 Bandar Lampung. Based on the results of the development of powtoon\r\nvideo-based learning media to improve participants' cognitive abilities on flora\r\nand fauna material, it is known that the efficiency of implementing time in 4\r\nmeetings with a time of 2 x 45 minutes = 90 minutes x 4 meetings was obtained\r\nwith a classification level = 1 medium and proved to be quite effective for use in\r\ngeography learning at SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Furthermore, the\r\neffectiveness of using the module was categorized based on the calculation of the\r\naverage pretest and posttest N-Gain value on the powtoon video media, which\r\nresulted in 0.63 with a fairly effective classification, which means that powtoon\r\nvideo-based learning media is effective enough to be implemented in geography\r\nlearning at SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Furthermore, the attractiveness of\r\nthe development of powtoon video-based learning media to improve the cognitive\r\nabilities of Bandar Lampung 5 Public High School students with a percentage of\r\n90% which stated the level of attractiveness was very interesting, there was a\r\nsignificant influence from the development of powtoon video-based learning\r\nmedia before and after using media with value t count 13.515 > t table 2.045, then\r\nas a basis for decision making it can be concluded that H0 is rejected and Ha is\r\naccepted. So it was concluded that there was an influence of cognitive abilities on\r\nthe geography of flora and fauna material before and after using powtoon videobased learning\r\nmedia\r\nfor\r\nstudents\r\nof\r\nSMA\r\nNegeri 5 Bandar\r\nLampung.\r\n\r\nKeyword: Development Of Learning Media, Powtoon Videos, Cognitive Ability,\r\nFlora and Fauna, Geography \r\n"^^ . "2023-03-17" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "LIDIAWATI "^^ . "BENI "^^ . "LIDIAWATI BENI "^^ . . . . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "02. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN FIKS GREMER.pdf"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "i\r\n \r\n \r\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN\r\nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \r\nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \r\nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #70487 \n\ni \n \n \nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS \nVIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN \nKEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI \nFLORA FAUNA KELAS XI DI SMA \nNEGERI 5 BANDAR LAMPUNG \n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora" . .