@misc{eprints70506, month = {Maret}, title = {ANALISIS PERBANDINGAN AGRESIVITAS PAJAK, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN CAPITAL INTENSITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19}, author = {SARI DWI PUSPITA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/70506/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris perbedaan agresivitas pajak, tanggung jawab sosial perusahaan, dan intensitas modal sebelum dan selama pandemi COVID-19. COVID-19 tidak hanya memengaruhi sektor kesehatan tetapi juga ekonomi hampir di seluruh belahan dunia. Fenomena COVID-19 memunculkan perbincangan apakah ada perubahan tindakan perusahaan sebelum dan selama pandemi. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yaitu data sekunder berupa angka yang bersumber dari laporan tahunan perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021, yang diakses melalui website www.idx.co.id. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji beda paired sample t-tests dan wilcoxon signed ranks tests. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan agresivitas pajak, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan intensitas modal sebelum dan selama pandemi. Terjadi peningkatan agresivitas pajak di masa pandemi COVID-19 karena pemberian insentif pajak oleh pemerintah yang dipandang oleh perusahaan sebagai celah untuk melakukan praktik agresivitas pajak. CSR juga meningkat selama pandemi karena digunakan sebagai strategi manajemen risiko dan untuk meningkatkan keuntungan. Sementara itu, penurunan intensitas permodalan disebabkan penurunan aset tetap perseroan di masa pandemi. Perusahaan berusaha untuk memaksimalkan penggunaan aset tetap dan mengurangi biaya yang dapat mengurangi keuntungan perusahaan. Temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai metode pemantauan untuk menginformasikan kepada pemangku kepentingan tentang kinerja perusahaan baik sebelum maupun selama pandemi. Kata Kunci : Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, COVID-19. } }