TY - THES ID - eprints70539 UR - http://digilib.unila.ac.id/70539/ A1 - SERLY , SERLY Y1 - 2023/04/10/ N2 - ABSTRAK Keterbatasan LKPD yang digunakan guru menyebabkan kebutuhan peserta didik terhadap LKPD yang menarik dan sesuai program keahlian, karena selama ini guru menggunakan LKPD dengan tema sederhana dan tidak sesuai dengan program keahlian. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, menguji kelayakan, dan menguji efektivitas produk Teks Artikel Bidang Agronomi Berbasis Genre Proses untuk Peserta Didik Kelas XII SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan mengadopsi tujuh dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall. Hasil penelitian bahwa (1) produk LKPD teks artikel bidang agronomi yang dihasilkan dengan desain struktur fisik sebagai berikut: a) halaman sampul, b) identitas LKPD, c) kata pengantar, d) daftar isi, e) petunjuk penggunaan LKPD, f) sistematika LKPD (KI, KD, IPK, dan tujuan pembelajaran),g) peta konsep, h) kegiatan I mengenal teks artikel (pengertian, struktur, dan unsur kebahasaan), i) kegiatan II menulis artikel menggunakan pendekatan genre proses, j) evaluasi, dan k) daftar Pustaka, (2) LKPD teks artikel bidang agronomi berbasis genre proses yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, dan praktisi dengan persentase penilaian 91,4%, 94,4%, 91,7%, dan 94,4% dan (3) produk LKPD efektif digunakan di dalam proses pembelajaran teks artikel untuk peserta didik kelas XII SMK dengan nilai N-gain sebesar (0,44) dan (0,45) termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: lembar kerja peserta didik, teks artikel, genre proses. ABSTRACT DEVELOPMENT OF ARTICLE TEXT LKPD IN AGRONOMICS BASED ON PROCESS GENRE FOR CLASS XII STUDENTS OF VOCATIONAL SCHOOL Student worksheet (LKPD) that related to specific competence goal and has attractive features is rarely used by the educator. Existed student worksheet that used by the teacher is too simple and unrelated into required topic which needed to achieve learning objectives. Based on these problems, this study aims to produce products, describe the feasibility and test the effectiveness of the product Text Articles in the Field of Process Genre-Based Agronomy for Class XII Students of Vocational Schools. This study uses the Research and Development method by adopting seven of the ten steps of Borg and Gall's development research. The results of the study showed that (1) the text of the agronomy article LKPD product was produced with the following physical structure design: a) cover page, b) LKPD identity, c) preface, d) table of contents, e) instructions for using LKPD, f) systematics LKPD (KI, KD, GPA, and learning objectives), g) concept map, h) activity I get to know the text of the article (definition, structure, and linguistic elements), i) activity II write an article using the process genre approach, j) evaluation, and k) bibliography, (2) LKPD of agronomy text articles based on the process genre that was developed was declared very feasible by material experts, learning experts, media experts, and practitioners with a percentage of 91,4%, 94,4%, 91,7% and 95%, and (3) LKPD products are effective to be used in the learning process of article texts with N-gain values of (0.44) and (0.45) included in the medium category. Keywords: student worksheets, article text, process genre. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LKPD TEKS ARTIKEL BIDANG AGRONOMI BERBASIS GENRE PROSES UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII SMK AV - restricted ER -