%0 Generic %A VINA , FEBRIYANTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:70564 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI TERHADAP PROFESI GURU %U http://digilib.unila.ac.id/70564/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang berhubungan dengan minat mahasiswa pendidikan geografi terhadap profesi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan geografi angkatan 2019, 2020, 2021 dan 2022. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 165 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei. Pengambilan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan tabulasi silang (crosstab). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 faktor yang berhubungan dengan minat mahasiswa pendidikan geografi terhadap profesi guru yaitu secara keseluruhan faktor emosional sekitar 14,55%, motivasi sekitar 13,58%, persepsi sekitar 14,32%, bakat sekitar 13,6%, penguasaan ilmu pengetahuan sekitar 13,55%, teman sekitar 14,2% dan keluarga sekitar 16,19%. Berdasarkan hasil data, faktor yang paling tinggi pengaruhnya yaitu faktor keluarga dan yang paling rendah yaitu faktor penguasaan ilmu pengetahuan. Kata kunci: faktor, minat, profesi guru