%0 Generic %A Dara Arka , Fidela %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:70580 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MEMETAKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MENGGALA %U http://digilib.unila.ac.id/70580/ %X Kegunaan utamaipenilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secaraiindividual. Tetapi menumbuhkan sikap ilmiah siswa sebagai salah satu tujuan dari pembelajaranimasih kurang mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuaniuntuk mengembangkan instrumenipenilaian sikap ilmiah pada pembelajaran fisika untuk memetakan minat belajar siswa yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitianipengembangan dengan menggunakan 7 langkah, yakni: penelitianidanipengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, ujiicoba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan revisi produk operasional. Berdasarkan hasil validasi ahli, instrumen yangddikembangkan diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80% denganikategoriisangat tinggi, sehingga instrumen penilaian ini layak untuk digunakan. Instrumen penilaian iniidiujicobakan kepada 100 siswa dan selanjutnyaidianalisis denganiexploratory factor analysis berbantuan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil analisis validitas data uji coba diperoleh sebanyak 57 butir pernyataan. Butir pernyataan pada instrumenipenilaian sikap ilmiah untuk memetakan minat belajar siswa dinyatakan reliabel dengan nilai Alpha Cronbachisebesar 0,952 pada instrumen sikap ilmiah, dan 0,927 pada instrumen minat belajar siswa dengan kategori sangat reliabel. Uji kepraktisan instrumenipenilaian ini memperoleh rata-rata skor sebesar 90,52% denganikriteria sangatipraktis. Kata kunci: Instrumen penilaian, sikap ilmiah, minat belajar, pembelajaran fisika