%A NURSANIATI NIA %T PEMANFAATAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS MA DARUL ULUM PANARAGAN JAYA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dengan sesudah memanfaatkan media film dokumenter pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di MA Darul Ulum Panaragan Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain one group pretestposttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MA Darul Ulum Panaragan Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan sesudah memanfaatkan media film dokumenter pada mata pelajaran geografi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai posttest, diketahui bahwa sebesar 60% kemampuan berpikir kritis siswa termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: film dokumenter, kemampuan berpikir kritis, geografi. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints70582