%0 Generic %A MUKHSIN , NUR FIRDAUS %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:70624 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH MEDIA EXPOSURE, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019) %U http://digilib.unila.ac.id/70624/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Exposure, Ukuran Perusahaan dan Leverage, terhadap Pengungkapan Emisi Karbon pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 sampai 2019. Penelitian ini menggunakan 150 sampel dari 50 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai alat analisis. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu: Media Exposure, Ukuran Perusahaan, dan Leverage. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Pengungkapan Emisi Karbon. Penelitian ini dilakukan dengan mengarahkan metode kuantitatif dengan data sekunder. Data Sekunder ini diambil dari laporan keuangan yang diunduh dari web Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Media Exposure, Ukuran Perusahaan berpengaruh positif terhadap Pengungkapan Emisi Karbon, namun Leverage tidak berpengaruh positif terhadap Pengungkapan Emisi Karbon Kata Kunci:Media Exposure, Ukuran Perusahaan, Leverage, Pengungkapan Emisi Karbon The goal of this study is to see how media exposure, company size, and leverage affect carbon emissions disclosure among energy companies listed on the Indonesian Stock Exchange from 2017 to 2019. 150 samples from 50 companies were used in this study. The sampling method used in this study was targeted sampling, and the analytical tool was multiple linear regression analysis. To achieve this goal, three independent variables are used in this study: The companys media presence, size, and influence. The dependent variable used is the carbon emissions disclosure. This study was conducted by a direct quantitative method using secondary information. This secondary information comes from financial reports downloaded from his web on the Indonesian Stock Exchange. The findings of this study demonstrate that there is a positive and significant effect of media exposure and firm sizeon the carbon emissions disclosure, but leverage don’t have effect positive on the carbon emissions disclosure. Keywords:Media Exposure, Company Size, Leverage, Carbon Emissions Disclosure