%0 Generic %A Rio , Kurniawan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:70667 %I EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH INSENTIF PAJAK, PEMAHAMAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (Studi Empiris pada Wajib Pajak di Kota Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/70667/ %X Tax compliance is of great concern to the Indonesian government, dominantly MSMEs whose growth is getting bigger every year is one of the biggest contributors to GDP as a contributor to national economic development. The purpose of study is to identify and analyze the problems of factors that influence taxpayer compliance, which consist of tax incentive variables, knowledge and awareness of MSME taxpayers. The sample of this study used the population of MSME DTP tax incentive users in Bandar Lampung, namely at KPP Pratama Bandar Lampung I and KPP Pratama Bandar Lampung II, a total of 264 samples of MSME taxpayers were obtained using the Isaac and Michael formula. The results of the analysis of the study, it is known that tax incentives also taxpayer awareness got a significant positive effect, while understanding of taxation has an insignificant positive effect. Keywords: Tax incentives, taxpayer compliance, taxpayer awareness, understanding of MSME taxation Kepatuhan pajak menjadi perhatian besar pemerintah Indonesia, secara dominan UMKM yang pertumbuhannya semakin besar setiap tahunnya merupakan salah satu penyumbang PDB terbesar sebagai penyumbang pembangunan ekonomi nasional. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak yang terdiri dari variabel insentif pajak, pengetahuan dan kesadaran wajib pajak UMKM. Sampel penelitian ini menggunakan populasi pengguna insentif pajak UMKM DTP di Bandar Lampung yaitu pada KPP Pratama Bandar Lampung I dan KPP Pratama Bandar Lampung II, diperoleh total 264 sampel wajib pajak UMKM dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Hasil analisis penelitian diketahui bahwa insentif pajak dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif signifikan, sedangkan pemahaman perpajakan berpengaruh positif tidak signifikan. Kata Kunci : Insentif pajak, kepatuhan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, pemahaman perpajkan, UMKM