TY - THES ID - eprints70686 UR - http://digilib.unila.ac.id/70686/ A1 - FIFI , DWI PUSPITASARI Y1 - 2023/02/08/ N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pembelajaran strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating And Transferring) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Rancangan penelitian yang digunakan dalam uji coba produk penelitian adalah PretestPosttest Control Group Design. Data penelitian diperoleh dari wawancara, pemberian angket, dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis strategi REACT yang dikembangkan valid berdasarkan ahli dengan rata ? rata nilai 80%, praktis berdasarkan penilain peserta didik dan guru dengan nilai 83% dan 81%. Selain itu, hasil uji efektivitas modul berbasis pembelajaran strategi REACT termasuk dalam kategori sedang, jika dilihat dari nilai gain sebesar 0,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis pembelajaran strategi REACT yang dikembangkan valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Modul, REACT, Kemampuan Pemecahan Masalah. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK AV - restricted ER -