%A MAHARANI SEMEDI DIAS %T EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA %X Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara terkait belum maksimalnya kegiatan belajar di kelas dan kurangnya inovasi dan kreasi dalam penyampaian materi kepada siswa kelas X TKJ SMK Telkom Lampung. Guru kemudian dituntut dalam menghadirkan variasi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, kemudian muncullah teknologi modern yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, yaitu augmented reality. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas penerapan multimedia interaktif berbasis augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada materi Perakitan Komputer. Penelitian ini menggunakan model discovery learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design dengan bentuk pretest-posttest design. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan melibatkan 52 siswa, dengan masing-masing 26 siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang dinilai yaitu pada aspek pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor). Aspek pengetahuan diperoleh nilai rata-rata uji N-gain pada kelas eksperimen, setelah diberikan perlakuan menggunakan multimedia interaktif berbasis augmented reality diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,41 lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol dengan diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,27. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test dengan hasil sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05, sehingga %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints70688